Monday, February 10, 2014

Wingko Apel


Bismillah....
Wingko Apel....barangkali banyak yang bertanya-tanya ya....hehe....kok iseng banget mbikin wingko pakai apel? :D Ceritanya lagi banyak stok apel di rumah, saya pernah mbikin cake apel (resepnya sudah pernah saya posting) dan rasanya enak banget, rasa apelnya memang agak samar tapi cake apelnya jadi terasa  seger, enak, ga mboseni dan ga bikin eneg. Akhirnya jadi penasaran, gimana rasanya ya kalau wingko dikasih apel. Kalo ga dicoba ga bakal tau ^^

Dan akhirnya sayapun mencoba mbikin...ternyata wingko apel juga enak, rasa apelnya juga samar2....tapi wingkonya jadi terasa hmm... gimana ya susah jelasinnya...beda pokoknya dengan wingko biasa....hehe...:) Tekstur wingkonya empuk kenyal, karena seperti biasa saya suka wingko yang empuk. Wingkonya ini sedikit lebih tebel dari wingko yang biasa saya buat, karena itu manggangnya jd lebih lama :) Resepnya saya pakai resep wingko pisang, tapi untuk apelnya saya pakai lebih banyak, akhirnya resepnya saya modifikasi lagi :)
.




Wingko Apel

Bahan-bahan :
300 gr tepung ketan putih
250 ml santan (agak kental, agar wingko lebih gurih)
150 gr gula pasir (menurut saya kurang manis, bisa ditambah sedikit)
150 gr kelapa parut kering
1 butir telur
250 gr apel yang sudah dikupas, potong-potong
1/4 sdt garam (kali ini lupa ga pakai)

Olesan:
1 butir kuning telur (bisa diencerkan dg sedikiit air)

Cara Membuat :
Panaskan oven suhu 180 deg C. Blender apel bersama santan hingga lembut.
Campur tepung ketan putih, kelapa parut kering, garam, dan gula pasir. Aduk-aduk sampai gula larut.
Tambahkan telur. Aduk rata. Tuang campuran santan dan apel sedikit demi sedikit sambil diuleni rata. Aduk rata. (atau bisa juga mencampur semua bahan jadi satu, aduk atau uleni dengan tangan hingga rata)
Tuang adonan di loyang persegi 18 cm yang sudah dioles minyak/margarin. 
Panggang hingga matang (*ummi: oven selama 50-55 menit)
Lalu keluarkan wingko. Olesi permukaannya dg kuning telur.
Panggang kembali hingga permukaannya kuning kecoklatan (kurang lebih 5-10 menit).

Note:
Suhu dan  lamanya ngoven disesuaikan dengan suhu oven masing-masing.
Jika memakai kelapa parut segar, takaran santan bisa dikurangi.











6 comments:

  1. Replies
    1. yuuuk sini Mbaaak....hehe....samaa, saya juga sukaaa ^^

      Delete
  2. Ummu Fatima ini kreatif banget sampe kepikiran wingko dari apel ^_^ eh malahan aku baru tau klo ada wingko pisang*kudet banget yah aku xiixixii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...rasanya enak lho Mbak....yang belum keturutan mbikin wingko durian nih....duriannya mahal :(

      Delete
  3. heemm...belum kebayang rasanya gimana, mungkin ada asem-asem gitu yah..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah ga kerasa asam sama sekali Mbak...saya juga heran....tapi wingkonya jadi terasa lebih seger ^^

      Delete