Tuesday, July 1, 2014

Cake Topping Keju




Bismillah.....
Ini adalah camilan hari sabtu yang lalu. Udah lama ga mbikin cake untuk anak-anak. Pas kebetulan ga ada camilan akhirnya saya buat cake ini. Sebenernya ini adalah sponge cake, berhubung saya skip emulsifiernya, hasilnya tidak terlalu mengembang banget tapi juga tidak bantat. Kebetulan saya lagi males mbikin sponge cake tanpa emulsifier, dengan cara baskom yang digunakan untuk mengocok direndam di baskom lain yang diisi air panas, seperti di resep yang dulu pernah saya posting disini. Akhirnya saya kocok biasa aja. hasilnya seperti di foto ini, cukup spongy walau tidak terlalu mengembang banget.... daaannn anak-anak sukaa sekali, alhamdulillah. Cake ini memang salah satu favorit anak-anak, padahal simple banget bahan dan cara pembuatanya. Berikut ini resepnya yaa :





Cake Topping keju

Bahan-bahan :
4 butir telur
100 gr gula pasir
100 gr tepung terigu, ayak
60 ml minyak sayur (saya pakai canola oil)

Olesan :
buttercream (saya pakai margarin yang dikocok dengan gula halus hingga lembut)
keju parut secukupnya

Cara Membuat :
Panaskan oven 170 deg C. 
Kocok telur bersama gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan memucat. Kira-kira lamanya mengocok 10 menit.
Kecilkan kecepatan mikser menjadi paling rendah. Masukkan tepung terigu, aduk hingga rata, jangan overmix.
Masukkan minyak sayur, aduk asal rata. 
Tuang adonan di loyang persegi 18cm yang sudah dioles minyak atau margarin.
Oven dengan suhu 170 deg C selama 20 menit, kemudian turunkan suhunya menjadi 150 deg C. Oven lagi selama 20 menit atau hingga matang. (disesuaikan dengan suhu oven masing-masing ya)
Keluarkan dari oven, balikkan cake di rak kawat.
Setelah dingin potong-potong, oles permukaan cake dengan butercream, taburi keju parut.
Sajikan ^^




4 comments:

  1. Asyiik ummi nge-cake lagi... hehe.. kangen liat cake nya ummi.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.... Belakangan memang mulai aktif baking2 lagi nih Mbak... Alhamdulillah packing2 udah 60%, jadi agak santai dikit... Abis lebaran insyaAlloh dilanjut lagiii ^^

      Delete
  2. Mba oven nya pakai apa ya kalau boleh tahu? buat referensi sy belum punya oven hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu di jepang saya pakai microwave oven yang multifungsi, bisa buat baking juga.
      Klo sekarang di tanah air, saya belum beli oven lagi. Udah survey2 sih, yang recomended dan banyak dipakai teman2 adalah oven listrik merk Kirin. Yang merk oxone menurut saya jg bagus :)

      Delete