Friday, April 24, 2015

Tumis Teri Medan Kacang Panjang Kecambah





Bismillah...
Ini adalah menu kemarin. Memanfaatkan bahan yang ada di rumah. Tumis teri medan kacang panjang kecambah. Tumisan ini saya buat pedas, untuk kecambahnya saya pakai cambah pendek. Kenapa pakai cambah pendek? Kebetulan ada banyak stok cambah pendek, mbikin sendiri...hehe. Tadinya ngerendam kacang hijau untuk dibuat bubur, rendam malam hari mau saya masak pagi harinya (sata tutup rapat wadahnya). Ternyata pagi2 udah muncul tunasnya, waduh...ga jadi dibuat bubur kacang hijau, akhirnya saya buat kecambah aja. Saya cuci lagi lalu ditiriskan dan dibiarkan semalaman lagi (di wadah tertutup). Jadilah kecambah pendek ini. Sebagian kecambah saya cuci dan diamkan lagi sampai menjadi kecambah panjang. Yang agak ribet adalah waktu nglupasin kulit-kulitnya, lumayan makan waktu. Alhamdulillah kemarin dibantu oleh putri kecil saya Aisyah, jadi cepet selesai. Sayangnya aisyah tidak mau saya masakkan cambah ini, dia minta dimasakin omlet jamur kuping dan sayur bening bayam jagung. Karena itulah cambahnya ini masak pedes, pakai teri medan (yang setengah kering), mantab banget, asin pedes, makan besar jadinya...hehe porsi besar maksudnya :D. Alhamdulillah, buat saya makanan nikmat itu tidak harus mahal, yang penting bergizi dan kaya nutrisi ^^







Tumis Teri Medan Kacang Panjang Kecambah

Bahan-bahan :
100 gr teri medan yang setengah kering, cuci bersih dan tiriskan
1 ikat kacang panjang, cuci dan potong-potong
2 cup kecambah pendek, cuci bersih

4 siung bawang putih, geprek/memarkan
3 bh bawang merah, iris tipis
3 bh cabe keriting, iris
7 buah cabe rawit, iris tipis
2 cm lengkuas, memarkan
3 lbr daun salam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt jahe bubuk
Garam dan gula secukupnya
Minyak goreng untuk menumis
Air secukupnya

Cara Membuat :
Tumis bawang putih, bawang merah, cabe keriting, cabe rawit, daun salam dan lengkuas hingga harum.
Masukkan teri medan, aduk-aduk hingga teri matang.
Masukkan kacang panjang, merica bubuk, jahe bubuk, gula dan garam secukupnya.tambahkan sedikit air bila perlu.
Setelah kacang panjang layu, masukkan kecambah pendek.
Aduk-aduk sebentar. Koreksi rasanya. Masak hingga kecambah layu. Jangan terlalu lama memasak supaya nutrisinya tidak hilang.
Angkat dan sajikan hangat-hangat.






2 comments:

  1. salam kenal.....
    hm....masakan mudah dan praktis, tapi mantab.....

    ReplyDelete