Thursday, May 21, 2015

Tahu Bakso Teri Nasi





Bismillah....
Ini adalah salah satu olahan teri nasi (basah). Klo bosan dibuat dadar teri nasi, tahu bakso teri nasi ini bisa jadi pilihan. Enak banget, guriih rasanya. Tektusnya empuk kenyal. Walau udah dingin tetep empuk kenyal, ga alot. Selain dibuat ahu bakso, adonannya bisa juga diisikan ke kulit pangsit, disajikan dengan sambel kacang jadilah siomay. Untuk kali ini saya sajikan dengan saus sambal aja. Lagi malas mbikin sambal kacangnya...hehe. Sebenernya ada juga yg saya isikan ke kulit pangsit dan saya kukus, tapi sayang ga sempat kefoto. Pangsitnya tadi juga bisa digoreng jadi pangsit goreng.  Satu adonan bisa jadi macam-macam. Oiya, adonan isiannya tidak bisa dibuat pentol atau bakso bulat-bulat ya, karena terlalu lembek. Lebih cocok diisikan ke tahu goreng ataupun kulit pangsit. Di resepnya saya tuliskan pangsitnya jg yaa, karena waktu mbikin jg pakai kulit pangsit. Berikut ini resepnya : 







Tahu Bakso Teri Nasi

Bahan-bahan :
30 bh tahu goreng, belah tidak sampai putus
30 bh kulit pangsit
400 gr tahu putih mentah, haluskan
200 gr teri nasi basah
1 butir telur
1 buah wortel, kupas dan serut
1 sdm minyak wijen (kali ini saya ga pakai)
170 gr tepung tapioka atau secukupnya

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
1 sdt bawang merah goreng (optional)
1/4 sdt merica bubuk
garam secukupnya
sejumput garam

Cara Membuat :
Haluskan teri nasi basah. Atau bisa juga tidak dihaluskan langsung digunakan untuk adonan. (kali ini tidak saya haluskan)
Dalam wadah, campur jadi satu, tahu putih, telur, teri nasi basah, wortel serut, bumbu halus dan minyak wijen.
Aduk rata hingga adonan menyatu. Koreksi rasanya.
Isikan adonan ke dalam tahu goreng dan kulit pangsit, lakukan hingga adonan habis.
Kukus tahu bakso dan pangsit selama 20-30 menit atau hingga matang. 
Sajikan dengan saus sambal atau sambal kacang.

Note :
Jadinya lumayan banyak karena tahunya kecil-kecil dan saya isikan tidak padat banget. Untuk jumlah tahu dan kulit pangsit perkiraan saya aja. Karena tidak sempat saya hitung tepatnya berapa. Jika diisikan lebih padat jadinya akan lebih sedikit.





4 comments:

  1. emhhhhh nyamnyaaam.. enak bgt ini pastinya...*lapiler

    ReplyDelete
  2. ngiler ngiler....langsung kemruyuk nih perut begitu lihat picnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... udah abis nih Mbak...tapi pengen mbikin lagi mumpung bahan2nya ada ^^

      Delete